Sosialisasi TKI Nonprosedural

tki

SOSIALISASI TKI NONPROSEDURAL

Kegiatan Pengamanan dan Perlindungan TKI ke Luar Negeri 2015 ini membicarakan berbagai agenda perlindungan TKI khususnya di Kabupaten Jombang. Di antaranya mengenai pentingnya peningkatan koordinasi serta sinergitas antar instansi terkait.

Disepakati juga untuk terus meningkatkan sosialisasi langsung ke masyarakat bersama-sama. Selama ini masing-masing instansi melakukan sosialisasi pencegahan TKI non prosedural, tetapi dilakukan sendiri sendiri.

Sinergitas dan koordinasi antar instansi terkait juga perlu ditingkatkan dengan melibatkan berbagai pihak termasuk melibatkan Kepala Desa di tingkat lokal khususnya sebagai langkah pencegahan Dinsosnakertran Menggandeng Kepolisian dan Petugas Imigrasi.

Upaya perlindungan dan pengamanan terbaik adalah melalui pencegahan. Sosialisasi yang efekif, sinergis dan terkoordinasi dengan baik dianggap akan dapat menjadi sarana untuk mencegah kasus kasus TKI. "Jangan sendiri-sendiri sosialisasinya, tapi terkoordinasi, itu baru jalan pencegahannya", ujar Salah satu Narasumber.

Sementara menurut petugas imigrasi, Imigrasi sudah memiliki sistem yang bisa memantau WNI yang keluar negari melalui sistem komputerisasi yang terhubung secara online. Upaya pencegahan TKI non prosedural bisa dilakukan dengan melakukan penyadaran ke masyarakat agar keluar hanya melalui jalur resmi. "Kemana saja asal melalui jalur resmi akan bisa terpantau", tegasnya.